Teknologi
perkantoran adalah teknologi yang diaplikasikan dalam kegiatan
perkantoran yaitu digunakan untuk mencatat, menghimpun,
mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan – bahan
keterangan secara efisien dengan menggunakan mesin – mesin
kantor.
Sedangkan Menurut Sayuti (2013), teknologi perkantoran lebih
banyak diarahkan kepada beberapa peralatan atau mesin-mesin yang
digunakan dalam kegiatan perkantoran. Maka dari itu pengertian
teknologi perkantoran adalah bagaimana proses mencatat,
menghimpun, mengolah, memperbanyak, mengirim dan menyimpan
bahan-bahan keterangan secara efisien dengan menggunakan mesinmesin
kantor.
Menurut Wursanto (2004:88) Mesin kantor atau office
machines adalah segenap peralatan kantor yang digunakan utnuk
meyelesaikan pekerjaan kantor baik berkerja secara mekanis, elektris,
maupun elektronis. Lebih lanjut, Mesin perkantoran (office machine)
adalah segenap alat yang dipergunakan untuk mencatat, mengirim,
mengganda, dan mengolah bahan keterangan yang bekerja secara
mekanis, elektris, elektronik, magnetik, atau secara kimiawi (Gie,
2000:229).
Sementara menurut Ahira (2013) Peralatan dan mesin
perkantoran adalah peralatan teknologi sebagai penunjang kegiatan
perkantoran yang mampu mengolah tugas-tugas kantor secara efisien,
tepat dan cepat, seperti mencatat, mengirim, menggandakan ataupun
menyatukan bahan-bahan keterangan yang dibutuhkan oleh masingmasing
pihak atau perusahaan yang menjalin kerja sama, sehingga
membuat usaha lancar.
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa mesinmesin
kantor atau peralatan kantor merupakan alat yang digunakan
11
dan berperan dalam memperlancar atau mempermudah pekerjaan
perkantoran untuk hasil kerja yang lebih cepat dan lebih baik.
No comments:
Post a Comment